Jumat, 24 Februari 2012

Renungan Harian, 15 Pebruari 2012

Menyenangkan hati Allah

2 Raja-raja 23:1-37; Efesus 5:1-21
“Sesudah itu berdirilah raja dekat tiang dan diadakannyalah perjanjian di hadapan TUHAN untuk hidup dengan mengikuti TUHAN, dan tetap menuruti perintah-perintah-Nya, peraturan-peraturan-Nya dan ketetapan-ketetapan-Nya dengan segenap hati dan dengan segenap jiwa dan untuk menepati perkataan perjanjian yang tertulis dalam kitab itu” (2 Raja-raja 23:3)

Hari ini kita akan belajar dari pribadi seorang raja yang menyenangkan hati Allah. Raja tersebut adalah raja Yosia. Ia hidup menurut firman Tuhan sama seperti Daud bapa leluhurnya (2 Rj 22:2).
Sebagai pribadi yang hidup seturut kehendak Allah, ia senantiasa melakukan apa yang berkenan kepada Allah. Sebagai bukti bahwa ia hidup berkenan kepada Allah, ia menyingkirkan segala bentuk penyembahan berhala dan segala hal yang dapat menajiskan dan tidak berkenan kepada Allah. Bahkan para imam yang melayani di kuil-kuil dewa asing semuanya dipecat dan diberhentikan (2 Rj 23:5).
Bahkan jika baca terus pasal ini kita akan mendapatkan bahwa raja Yosia mengadakan suatu perayaan paskah persis yang Allah perintahkan yang sudah lama tidak diadakan persis sesuai dengan yang Allah perintahkan mulai sejak zaman hakim-hakim (2 Rj 23:21-23). Suatu tindakan yang luar biasa yang menunjukkan kesungguhan Yosia dalam mengikuti dan mentaati Allah.
Hal yang sama harusnya juga kita lakukan dalam kehidupan mengiring Kristus. Allah menghendaki ketika setiap kita percaya pada Kristus, kehidupan kita benar-benar diubahkan menjadi manusia yang baru yang hidup berkenan kepada Allah (2 Kor 5:17). Allah menghendaki setiap kita mengambil keputusan untuk benar-benar menjadi pengikut Kristus yang sejati dengan hidup seturut dengan firman Tuhan.
Sebagai manusia yang baru, kita harus mengambil langkah berani dan mengambil suatu keputusan yang tegas untuk tidak lagi hidup mendukakan hati Allah dan tidak turut mengambil bagian dalam perbuatan yang tidak berkenan kepada Allah (Ef 5:11). Tetapi kita harus mengambil keputusan untuk hidup sebagai anak-anak terang, yang hidup seturut dengan kebenaran firman Tuhan dan sebagai terang yang memancarkan kemuliaan Allah serta menghasilkan buah pertobatan yang menyenangkan hati Allah (Gal 5:22-23).

Renungan :
Biarlah melalui firman Tuhan hari ini kita dikuatkan dan disadarkan untuk hidup senantiasa sejalan dengan firman Tuhan. Ambilkan keputusan untuk menyingkirkan setiap perbuatan yang tidak berkenan kepada Allah dan hidup menghasilkan buah untuk kemuliaan nama Tuhan.

Hiduplah sebagai manusia baru yang memuliakan Allah

Learn The Truth of Christian Values Headline Animator

Entri Populer