Jumat, 16 Maret 2012

Renungan Harian, 27 Maret 2012

Jangan Tergoda

Hakim-hakim 16:1-31; Efesus 6:11
“Maka diceritakannyalah kepadanya segala isi hatinya, katanya: “Kepalaku tidak pernah kena pisau cukur, sebab sejak dari kandungan ibuku aku ini seorang nazir Allah. Jika kepalaku dicukur, maka kekuatanku akan lenyap dari padaku, dan aku menjadi lemah dan sama seperti orang-orang lain” (Hakim-hakim 16:17)

Kisah Simson bukanlah cerita yang asing ditelinga setiap orang percaya. Kisah tersebut menceritakan tentang seorang nazir Allah, yang Allah pakai sebagai Hakim atas bangsa Israel. Jika Superman merupakan manusia yang kuat, namun hanya sebuah cerita fiksi dan bukanlah suatu kenyataan, maka Simson adalah superman yang sebenarnya. Kekuatan yang ia miliki bukanlah hasil dari berlatih, tetapi kekuatan yang melimpah tersebut ia miliki karena Roh Allah berkuasa atas dirinya (Hak 15:14).
Walaupun Simson merupakan manusia yang kuat dan pahlawan Israel yang perkasa, namun ia adaalh pribadi yang mudah jatuh dalam rayuan wanita. Suatu ketika ia bertemu dengan wanita Filistin yang cantik dan ia jatuh cinta kepada wanita tersebut (Hak 16:4), tanpa menyadari bahwa wanita tersebut dipakai sebagai alat untuk menaklukkan dirinya (Hak 16:5).
Ketika Delila merayu Simson terus-menerus (Hak 16:6, 10, 13, 15), akhirnya Simson jatuh dalam rayuan wanita tersebut dan menceritakan letak kekuatannya. Dengan demikian orang Filistin dapat dengan mudah menaklukkan Simson dan membutakan matanya.
Delila adalah lambang dunia, yang dipakai sebagai alat bagi iblis untuk menggoda orang percaya, agar orang percaya jatuh dalam dosa, kehilangan kemuliaan Allah dan jauh dari Allah. Itulah sebabnya mengapa firman Tuhan mengumpamakan iblis sebagai singa yang terus mengaum di sekeliling kita, menanti saat dimana kita terlena dan lengah supaya dapat menelan kita (1 Pet 5:8b).
Itulah sebabnya kita orang percaya harus terus berjaga-jaga (1 Pet 5:8a), supaya kita tidak tergoda dan tertipu oleh iblis. Kita harus senantiasa mengenakan selengkap senjata Allah (Ef 6:11), sehingga ketika iblis datang menggoda dengan rupa-rupa keinginan dunia, kita tidak tergoda serta masuk jebakkan iblis.
Kita perlu untuk selalu menjaga iman kita kepada Yesus, sebab iman itulah benteng pertahanan kita dalam menghadapi serangan tipu muslihat iblis (Ef 6:16; 1 Pet 5:9). Dengan terus membangun iman kita dalam Kristus, maka sama halnya kita membangun sebuah bangunan dengan pondasi yang sangat kuat yang tidak mudah dirobohkan oleh angin tipu muslihat iblis.

Renungan :
Sadarlah, bahwa iblis semakin giat untuk menggoda orang percaya, supaya mereka jatuh dalam dosa, sebab iblis tahu saatnya semakin singkat bagi dia. Oleh sebab itu, berjaga-jagalah dan jangan menjadi lemah !

Iman adalah benteng yang kuat menahan godaan iblis

Learn The Truth of Christian Values Headline Animator

Entri Populer