Jumat, 16 Maret 2012

Renungan Harian, 31 Maret 2012

ROH yang Mengubahkan Hidup

1 Samuel 10:1-27; Kisah Para Rasul 1:8
“Maka Roh TUHAN akan berkuasa atasmu; engkau akan kepenuhan bersama-sama dengan mereka dan berubah menjadi manusia lain” (1 Samuel 10:6)

Roh TUHAN, Roh Allah, ataupun Roh Kudus adalah Pribadi ketiga dari Allah Tritunggal. Oleh Roh itu kehidupan setiap orang percaya terus diubahkan sejalan dengan kehendak Allah, sebab Roh itu berasal dari Allah dan Roh itu adalah Allah.
Dalam Perjanjian Lama, Roh Allah bekerja dan berkuasa atas orang-orang pilihan-Nya. Ketika Roh itu berkuasa atas seseorang, maka orang tersebut Allah pakai dengan luar biasa. Roh itu mengubahkan seseorang menjadi pribadi yang berbeda, bernubuat menyampaikan kebenaran Allah, menjadi pribadi yang berani dan siap untuk diutus Allah (Yes 6:6-8; Yer 1:6-9).
Dalam Perjanjian Baru, Yesus sendiri berbicara akan datangnya Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang membimbing dan mengajar setiap orang percaya akan setiap kebenaran firman Allah (Yoh 14:26). Roh itu mengubahkan  kehidupan setiap orang percaya menjadi saksi Kristus (Kis 1:8; 2:4, 14).
Bahkan, lebih dalam lagi firman Tuhan menegaskan bahwa Roh itu, sebagai jaminan akan keselamatan yang telah kita terima. Sebab oleh Roh itulah kita diinsafkan dan mengaku Yesus sebagai Tuhan dan diselamatkan (1 Kor 12:3; 2 Kor 3:17; 2 Tes 2:13). Roh itu memeteraikan keselamatan yang telah kita terima, sehingga kita tetap tinggal dalam keselamatan tersebut (Ef 1:13).
Itulah sebabnya, mengapa Roh Kudus sangat penting dalam kehidupan setiap orang percaya. Hidup tanpa Roh, berarti hidup diluar keselamatan, sebab Roh itu merupakan jaminan keselamatan. Itu sebabnya kita harus hidup dalam Roh, sebab kita bukanlah milik kita lagi melain milik Kristus (Rm 8:4-6, 16; Ef 5:18).
Dengan demikian hendaknya hidup kita senantiasa kita hidup di dalam Roh, dan biarlah Roh itu berkuasa penuh atas kehidupan kita, agar kehidupan kita dibimbing dan semakin dewasa di dalam Kristus.

Renungan :
Biarlah melalui renungan hari ini setiap kita menyadari arti pentingnya Roh Kudus dalam kehidupan kita orang percaya. Serahkan hidupmu dan biarkan Roh itu berkuasa penuh atas dirimu, untuk membawa dirimu semakin berkenan kepada Allah.

Roh Kudus adalah jaminan dan materai KESELAMATAN

Learn The Truth of Christian Values Headline Animator

Entri Populer