Jumat, 11 Mei 2012

Renungan Harian, 26 Mei 2012

Mau Dibentuk
Roma 12:1-8
“Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna. " (Ezra 1:3)

Setiap orang percaya pasti tidak asing dengan kata dibentuk. Kata ini digunakan untuk membentuk sesuatu dari yang tidak ada bentuknya sama sekali menjadi sebuah bentuk yang indah dan dapat dikenal.
Dalam Alkitab kata ini digunakan untuk seorang penjunan yang sedang membentuk tanah liat menjadi sebuah bejana dan benda-benda lain yang berharga. Proses tersebut dimulai dari pemilihan tanah, pembersihan tanah dari kotoran, diproses dengan air, dibentuk dan diselesaikan.
Kehidupan kita orang percaya adalah seperti tanah liat di tangan Allah. DIA adalah sang Maestro yang menghasilkan karya-karya yang terbaik bahkan tidak satu pun dari seniman di dunia ini yang dapat menyamai karya-Nya. Ditangan DIA kita akan dibentuk menjadi sesuatu yang sangat berharga dan mempermuliakan Allah kita Sang pembentuk kehidupan kita.
Firman Tuhan yang kita baca hari ini mengingatkan kepada setiap orang percaya, bahwa di dalam pembentukan karakter Kristus di dalam kehidupan orang percaya perlu adanya kerja sama antara Allah sebagai Pribadi yang membentuk dan kita orang percaya sebagai pribadi yang dibentuk oleh Allah.
Tanpa adanya kemauan dari kita, maka pembentukkan itu tidak akan terjadi, sebab Allah bukanlah Pribadi yang memaksakan kehendak. Itulah sebabnya Rasul Paulus mengingatkan setiap kita orang percaya untuk menyerahkan diri kita sepenuhnya kepada Allah (Rm 12:1), untuk secara sukarela mau dibentuk oleh Allah.
Allah mau kita sepenuhnya mengikuti apa yang Allah mau dalam kehidupan kita dengan tidak menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi hidup sebagaimana firman Tuhan katakan, yaitu hidup taat dan melakukan kebenaran firman Tuhan.
Renungan :
Jika saat ini saudara dalam masa-masa pembentukan oleh Allah. Janganlah saudara mengeraskan hati saudara, sebab hal tersebut akan memperlama proses tersebut. Ikutilah kehendak Allah dengan sepenuhnya tunduk pada kehendak firman-Nya
Jadikan tubuhnya sebagai tanah liat yang mudah dibentuk oleh Allah!

Learn The Truth of Christian Values Headline Animator

Entri Populer