Kamis, 06 Juni 2013

Renungan Harian, 7 Juni 2013

Waspada Terhadap Nabi Palsu

Bacaan : Mikha 3 : 1 - 12
"Beginilah firman TUHAN terhadap para nabi, yang menyesatkan bangsaku, yang apabila mereka mendapat sesuatu untuk dikunyah, maka mereka menyerukan damai, tetapi terhadap orang yang tidak memberi sesuatu ke dalam mulut mereka, maka mereka menyatakan perang."
(Mikha 3:5)

Jika kita perhatikan, hari-hari ini banyak sekali bermunculan pengajaran yang aneh-aneh, yang sebelumnya belum ada, tetapi kemudian muncul, parahnya lagi semua mengatasnamakan Tuhan. Lalu bagaimana seharus sikap anak-anak Tuhan terhadap fenomena yang terjadi hari-hari ini?
Pertama, jangan heran! Sebab Alkitab sendiri dengan jelas dan tegas memperingatkan akan kehadiran berbagai macam ajaran palsu yang menyesatkan serta mengatasnamakan Tuhan. Namun demikian jika, kita tidak peka, maka kita pun akan ikut terjerumus kedalamnya.
Itulah sebabnya sering kali Alkitab baik dalam Perjanjian Lama, terlebih lagi dalam Perjanjian Baru, untuk senantiasa berjaga-jaga dan waspada terhadap setiap pengajaran yang datang dan kita dengarkan. Tuhan menghendaki agar setiap anak-Nya menguji kebenaran dari setiap yang diajarkan orang. Caranya? Ya tentunya menguji dengan firman Tuhan.
Siapa sih yang tidak suka jika seorang hamba Tuhan datang kemudian berbicara secara khusus tentang kita (bernubuat), apa lagi kalau nubuatannya adalah sesuatu yang bersifat menyenangkan hati kita, kita pasti akan berbunga-bunga dan bergembira.
Tetapi, sekali lagi firman Tuhan memperingatkan setiap kita agar menguji segala sesuatu, bukan berarti kita tidak menaruh hormat kepada ALLAH, justru dengan menguji dengan kebenaran firman-Nya kita sedang menaruh hormat kepada ALLAH, karena kita bersikap hati-hati, sehingga tidak mudah terjebak dalam sesuatu yang kelihatannya rohani, tetapi sebenarnya palsu.
Sangatlah penting setiap anak Tuhan untuk selalu dan senantiasa membaca, memahami, serta mengerti kebenaran Firman Tuhan, sehingga ketika diperhadapkan pada situasi yang aneh, bisa menimbang bukan dengan akal manusia, tetapi dengan tuntunan Roh membedakan pengajaran yang sehat dan tidak sehat.
Setiap anak Tuhan harusnya tidak memfokuskan dirinya pada sesuatu yang spektakuler dan nubuatan, tetapi fokuslah pada sesuatu yang sederhana yang bisa dikerjakan untuk memuliakan ALLAH dan membawa jiwa-jiwa kepada-Nya. (ap)

Renungan :
Janganlah mudah dibuat bimbang, ragu, dan cemas oleh berbagai pengajaran yang membingungkan, tetaplah berdiri teguh di atas kebenaran firman Tuhan, dan lakukan apa yang berkenan dan menyenangkan hati-Nya.
Berdirilah teguh di atas kebenaran firman TUHAN

Learn The Truth of Christian Values Headline Animator

Entri Populer