Jumat, 20 Januari 2012

Renungan Harian, 29 Januari 2012

Jaga Lidah
2 Samuel 1:1-27; Yakobus 3:1-12
“Dan Daud berkata kepadanya: "Kautanggung sendiri darahmu, sebab mulutmulah yang menjadi saksi menentang engkau, karena berkata: Aku telah membunuh orang yang diurapi TUHAN.” (2 Samuel 1:16)
Jika mendengar tetang lidah, tidak seorang pun yang asing dengan kata ini. Sebab setiap orang pastilah memiliki lidah. Lidah adalah bagian dari tubuh yang walaupun kecil tetapi memiliki arti penting. Kehilangan lidah berarti ada banyak hal yang tidak bisa orang lakukan.
Orang kalau mau makan, untuk menelan makanan yang telah dikunyah pastilah membutuhkan bantuan dari lidah. Terlebih lagi dalam lidah terdapat enzim yang membantu dalam proses pencernaan. Kemudian seseorang juga tidak bisa bicara jika orang tersebut tidak memiliki lidah.
Walaupun lidah adalah bagian tubuh yang kecil, tetapi ia memiliki fungsi yang sangat penting dalam kehidupan kita, terutama dalam berkomunikasi dengan orang lain. Itulah sebabnya firman Tuhan juga menaruh perhatian terhadap organ yang satu ini. Di dalam Perjanjian Lama dan Baru ada ± 103 kata lidah dan satu perikop khusus yang membahas tentang lidah.
Bahkan karena begitu pentingnya lidah, firman Tuhan mengingatkan kepada setiap orang percaya bahwa “hidup dan mati” seseorang dikuasai oleh lidah (Ams 18:21). Sehingga salah sedikit saja kita dalam berkata-kata maka akibatnya akan kita sesali seumur hidup kita jika kita tidak berubah dan bertobat.
Yakobus mengumpamakan lidah sebagai alat kemudi dalam sebuah perahu yang besar. Walaupun alat kemudi itu sangatlah kecil, namun alat tersebut dapat menggerakkan perahu yang besar dan yang beratnya mencapai ratusan ton untuk berbelok ke kanan atau ke kiri (Yak 3:4-5).
Penulis Yakobus juga mengumpamakan lidah sebagai sumber api yang kecil. Walaupun demikian kecilnya ia bisa membakar hutan yang luasnya mencapai jutaan hektar (Yak 3:5-6).
Dengan mengerti dan menyadari, bahwa kehidupan kita sangat dikuasai oleh lidah, maka kita perlu sekali memperhatikan setiap perkataan yang keluar dari mulut kita. Sebab firman Tuhan mengatakan bukan apa yang masuk tetapi apa yang keluar itu yang menajiskan kita.
Renungan :
Biarlah melalui firman Tuhan hari ini membuat saudara sadar akan pentingnya menjaga setiap perkataan yang keluar dari mulut saudara. Biarlah hanya kata-kata yang memberkati orang lain yang keluar !
Jagalah lidah untuk menjaga kehidupan saudara

Learn The Truth of Christian Values Headline Animator

Entri Populer