Kamis, 31 Mei 2012

Renungan Harian, 31 Mei 2012


Hidup dan Ketaatan Sejati

Bacaan hari ini: 1 Petrus 1:13-16
“Hiduplah sebagai anak-anak yang taat dan jangan turuti hawa nafsu yang menguasai kamu pada waktu kebodohanmu,”(1 Petrus 1:14)

Tahukah saudara bahwa seorang prajurit harus memiliki ketaatan yang sempurna kepada atasnya. Hal itu sangat mereka butuhkan terutama ketika mereka sedang dalam medan pertempuran. Sebab pada waktu itu seorang prajurit harus benar-benar mendengarkan instruksi dari atasnya supaya bisa berkoordinasi dengan baik dan memenangkan pertempuran. Hal itu akan nampak jelas di jaman sebelum ada peralatan canggih. Koordinasi yang baik dan pembentukan formasi pasukan sangatlah menentukan kemenangan pasukan. Dan untuk itu diperlukan sebuah kata yang harus dituruti oleh setiap prajurit yaitu “KETAATAN” kepada atasan mereka,  supaya formasi mereka sempurna dan dapat memenangkan sebuah pertempuran.
Dari gambaran di atas kita bisa mengetahui tentang pentingnya ketaatan di dalam jiwa seorang prajurit. Itulah sebabnya juga, mengapa ketika seseorang ketika menjadi seorang tentara dia dituntut  untuk terus berlatih dan hidup dalam kedisiplinan.
Ketaatan juga merupakan bagian yang sangat penting bagi kehidupan orang percaya. Saudara adalah prajurit Kristus, dan sebagai prajurit-Nya, Kristus menghendaki saudara untuk senantiasa taat kepada apa yang Ia katakan. Memang untuk mencapai sebuah ketaatan yang sempurna tidaklah instan. Itu sebabnya ketaatan adalah sebuah proses latihan, sama seperti seorang prajurit yang harus terus-menerus melatih dirinya untuk disiplin, sampai kedisiplinan itu menjadi bagian dalam kehidupannya. Demikian halnya saudara sebagai orang percaya harus terus melatih diri saudara untuk hidup dalam ketaatan sampai ketaatan itu menjadi bagian dalam kehidupan saudara.
Dalam 1 Petrus 1:2 ditunjukkan tujuan panggilan hidup orang percaya. Dalam ayat tersebut diungkapkan secara jelas bahwa setiap orang percaya dipanggil untuk “hidup taat kepada KRISTUS”. Itu adalah panggilan sejati orang percaya. Jadi ketaatan bukanlah pilihan, tetapi KEHARUSAN.

Doa :
Biarlah melalui firman Tuhan hari ini kita disadarkan sepenuhnya bahwa ketaatan bukanlah sebuah pilihan yang bisa ditolak, tetapi itu adalah identitas bagi orang percaya sebagai milik KRISTUS

Sebagai prajurit Kristus kita harus senantiasa hidup penuh ketaatan kepada DIA

Learn The Truth of Christian Values Headline Animator

Entri Populer